JURUS MEMBUAT PENJING BAGI PEMULA

1_penjing_FRONT
:::::

Kolektor dan Seniman Bonsai

ADA ingin mulai membuat penjing? Hal pertama yang harus Anda punyai adalah tetap berfikir merdeka!

Berfikir merdeka akan sangat menentukan kualitas penjing Anda, hanya dengan berfikir merdeka kita bisa mengekploitasi seluruh imajinasi yang berkeliaran di memori otak kita. Jangan pernah takut merealisasikan imajinasi Anda dalam container (baki) penjing Anda. Curahkan saja, tidak perlu terikat dengan norma atau dogma.

Kumpulkan/punya batu

Kumpulkan/punya batu

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah, Anda punya sejumlah batu dan sejumlah bonsai. Khususnya bonsai mame (mini). Batu apa saja, juga jenis tanaman bonsai apapun, bisa dibuat penjing. Soal container adalah persoalan kelima setelah air dan tanah. Kenapa? Karena penjing bisa dibuat di lantai, di meja, atau di atas papan kayu tanpa air dan tanah sebagai dasarnya.

Meski batu apa saja bisa dibuat penjing, tetapi sebaiknya Anda memperhatikan dua hal ini. Pertama, jenis batu sebaiknya sama. Kedua, usahakan tektur batu sama dan bentuk seirama.

Saat mulai membuat penjing, daya kreasi dan imajinasi sangat berperan bagi seseorang. Langkah pertama adalah siapkan beberapa batu, atau sisihkan batu-batu yang sejenis dari koleksi batu Anda, ambil beberapa pohon dari stok bonsai ukuran mame (mini) atau kalau terpaksa yang small dan medium dengan berbagai style. Untuk di Indonesia, pohon-pohon macam kawis batu, sancang dan hokiantea cukup ideal dibuat penjing.

Susun batu sesuai keinginan anda

Susun batu sesuai keinginan anda

Berikutnya, susun batu yang sudah anda pilih sesuai imaji Anda. Bayangkan sebuah panorama atau pemandangan macam gugusan gunung2, tebing yang terbelah sungai, atau pulau-pulau batu di pantai. Pada tahap ini, unsur artistic dan perspektif sangat menentukan. Penjing Anda akan kehilangan ‘roh’ jika mengabaikan perspektif.

Setelah batu tersusun sesuai imajinasi Anda, saatnya menambahkan pohon yang telah terseleksi, menanamnya secara baik pada tempat sesuai yang dikehendaki. Bersamaan itu Anda bisa melengkapinya dengan air atau tanah sebagai media penyempurna dan penutup container (baki). Tetapi bisa juga media container dibiarkan tanpa penutup. Kebanyakan ini jika penjingnya lebih mengutamakan bonsai on the rock.

Pada dasarnya penjing itu ada tiga jenis: 1. Penjing tanah dan batu, 2. Penjing batu dan air, 3. Penjing gabungan batu, tanah dan air. Ini soal selera, sementara pohon sebagai pelengkap.

Tanamkan pohon di batu

Tanamkan pohon di batu

Selamat mencoba … Ingat, penjing adalah panorama alam yang secara teori ‘dilihat’ dari jarak jauh alias far view. Dengan demikian anda harus memperhitungkan perspektifnya, komposisinya, dan dimensinya, termasuk ketika memilih dan menyusun bentuk dan ukuran batu serta pohonnya sebagai unsur utama komponen art dalam penjing.

RUDY SUCIPTOBursaBonsai.Com

MENGINTIP AH LUTFI MEMBEDAH SANTIGI

Leave a Reply

Copyright © 2013 bursabonsai.com · All rights reserved