IBA&CB 2014 BAKAL ‘BANJIR’ MASTER ASING

1_IBA_front

Sedikitnya 20 Very Very Important Person (VVIP) Bonsai asing bakal datang ke perhelatan IBA&CB 2014 di Yogya. Siapa saja mereka? Seperti apa acara ini? Bagaimana proses untuk bisa menjadi peserta? Benarkah acara ini menghabiskan dana Rp 2,5 Milyar?

Robert Steven

Robert Steven

Masih setahun lagi memang, tetapi ‘All Nations Event’ ini sudah menimbulkan banyak rasa penasaran. Berikut ini wawancara bursabonsai.com dengan master Robert Steven, salah satu penggagas sekaligus peringgi International Bonsai Art & Culture Biennale 2014 (IBA&CB 2014) yang bakal digelar di Yogyakarta, 18-24 Oktober 2014.

Tampaknya IBA&CB 2014 bakal jadi momen kolosal bagi dunia perbonsain Indonesia, bisa dibocorkan kira-kira seperti apa nanti acaranya?

Bukan saja bagi perbonsaian Indonesia, tetapi IBA&CB 2014 akan menjadi event bonsai paling unik di dunia dalam bentuk konsep keseluruhan. Oleh sebab itu kami memakai tema “When Art and Culture Meet Through Bonsai”. Ini bukan saja hajatan bonsai, tetapi seni, budaya dan pariwisata secara terpadu dalam kemasan yg sangat innovative. Mulai dari konsep display bonsai yang konseptual dan tematik, sampai acara dan kegiatan seni budaya yang melibatkan semua tamu dan peserta.

Oleh sebab itu, kepanitiaan IBA&CB 2014 melibatkan sangat banyak pihak, baik para tokoh perbonsaian penting Indonesia, para seniman dan budayawan, serta tokoh masyarakat dan pemerintah, bahkan Keraton Yogyakarta. Melalui IBA&CB 2014, kami ingin mengangkat seni bonsai ke tingkat yang lebih tinggi, merubah mindset pebonsai kita bahwa bonsai adalah karya seni yang dapat ditampilkan dengan berbagai cara yang kreatif dan inovatif dalam menyampaikan pesan dan makna, bukan melulu untuk menang dalam kontes.

IBA&CB 2014 bukan untuk membentuk aliran baru, kelompok baru atau apapun namanya, tetapi merupakan sarana yg mewadahi semua aspirasi kreatif, membuktikan seni bonsai adalah seni multi-disiplin tanpa batas yg dapat berinteraksi dengan segala seni, budaya dan nilai sosial semua masyarakat dan bangsa, bahkan agama.

IBA&CB 2014 adalah etalase bonsai Indonesia yg bergengsi dengan menampilkan bonsai Indonesia yang terbaik, dan jadikan Indonesia sebagai kiblat estetika dan barometer perbonsaian dunia.

koleksi IBA&CB 2014

koleksi IBA&CB 2014

Beberapa World-Class Master dan seniman bonsai dari luar negeri menyatakan pada bursabonsai.com akan datang meramaikan IBA&CB 2014 di Yogya, sebenarnya berapa banyak tokoh bonsai asing yang diundang?

Kami belum mengirim undangan resmi kecuali kepada beberapa tokoh penting serta master yang akan mengadakan demo dan yang akan memberikan trophy, totalnya sekitar 20 tamu asing yang akan kami tanggung biaya mereka sebagai VIP.

Tetapi informasi mengenai IBA&CB 2014 sudah menyebar luas di seluruh dunia sejak beberapa bulan yang lalu, baik melalui website, forum online, Facebook, dan khususnya leaflet dalam Inggris dan Mandarin sudah menyebar di lebih dari 30 negara via berbagai jaringan kami di luar negeri. Kami juga memiliki info-desk di semua benua dan hampir seluruh negara penting seperti Eropa, Amerika, Afrika, Amerika Latin, China, Jepang, Australia, Filipina, Malaysia, Vietnam, India, Taiwan, Korea, Thailand dll. Dengan kata lain, kami mempunyai berbagai akses lengkap ke seluruh dunia dalam rangka promosi IBA&CB 2014 sehingga kami yakin tamu asing yg akan datang pasti membludak.

Berapa banyak yang sudah konfirmasi akan datang? Bisa disebutkan beberapa nama diantara mereka itu?

Yang konfirmasi datang juga sudah banyak sekali walau kami belum secara resmi membuka pendaftaran. Semua tokoh penting yang kami undang juga sudah konfirmasi a.l. Hatsuji Kato (anak alm. Saburo Kato), Naemi Iwasaki (istri alm. Iwasaki), Solita Rosade, Bill Valavanis, Rob Kemphinski, Mauro Stemberger, Prof. Amy Liang, Su Fang, Wu Chen Fa, IS Ng, Pedro Morales dan banyak lagi yg tidak dapat kami sebutkan satu per satu.

Begitu banyak pebonsai asing yang diundang, apa peran mereka nanti?

Ada yang memang kami undang untuk mengadakan demo, ada yang memberikan trophy antara-lain Saburo Kato Trophy, Iwasaki Trophy, WBFF Trophy, BCI Medal, China Trophy, Amy Liang Trophy dll. Yang jelas semua tamu, baik yang dari luar negeri maupun dalam negeri tidak sekedar hanya datang melihat pameran, tetapi banyak sekali acara menarik yang akan melibatkan semua tamu antara-lain acara menanam pohon bersama, berbagai kontes, pelepasan 258 lantera bersama di Candi Borobudur dalam merayakan HUT Yogyakarta ke-258 dll.

Khususnya di acara “International Culture Night” yang akan diadakan di Keraton, semua tamu, baik yang dalam maupun luar negeri, diminta untuk hadir dengan pakaian adat atau tradisionil daerah mereka, lalu mereka juga akan mementaskan acara seni budaya daerah mereka.

koleksi IBA&CB 2014

koleksi IBA&CB 2014

Sejauh ini bagaimana kesiapan panitia?

Ini adalah gawean besar yang melibatkan banyak orang dan pihak dalam kepanitiaan. Kami tidak melakukan rekruitmen, tetapi terbuka kepada semua yang merasa terpanggil untuk ikut membantu dalam kepanitiaan. Komitmen dan profesionalisme adalah syarat utama sesuai kemampuan masing-masing, semua peran adalah penting dan semua yang terlibat adalah yang terpanggil dan terpilih.

Sudah banyak yang telah dipersiapkan dan masih banyak yang harus dilakukan. Karena itu kami sudah mulai kerja jauh-jauh hari karena kami ingin menampilkan sesuatu yang unik, berbeda dan yang terbaik untuk tamu kita. Sesuatu yang belum pernah terpikirkan dan belum pernah dilakukan dalam acara bonsai manapun. Ini adalah ide gila yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang gila, bukan sesuatu yang bisa dilakukan sekedar dengan uang. Ini yang namanya visi….

Proses apa yang harus ditempuh seorang pebonsai jika ingin mengikutsertakan bonsainya dalam IBA&CB 2014 ini?

Perlu diketahui, IBA&CB 2014 tidak ada kontes, yang ada penghargaan trophy dari berbagai organisasi bergengsi dunia dan tokoh bonsai terkenal dunia, serta Piala Raja dari Sri Sultan. IBA&CB 2014 tidak mengutamakan jumlah, tetapi kualitas sehingga hanya bonsai yang berkualitas yang akan tampil. Karena itu, kami akan mengadakan seleksi atau kurasi untuk setiap calon peserta. Pendaftaran akan segera kami mulai setelah semua persyaratan kami selesaikan dan akan kami umumkan baik di website IBA&CB 214 (www.internationalbonsaibiennale).

Kami juga telah membuka forum diskusi dan konsultasi di FHI (www.forumhobbyindonesia.com) di mana calon peserta sudah dapat mulai posting foto bonsai yang ingin ditampilkan untuk didiskusi. Setiap orang dapat memberi komentar atau advis perbaikan maupun ide konsep display yang sesuai. Di FHI, kami juga sudah mulai menampilkan berbagai ide inspiratif dan contoh display yang konseptual dan tematik untuk merangsang pengembangan ide-ide lain yang lebih baik. Foto terlampir di sini hanya beberapa contoh hasil simulasi, kami sedang mempersiapkan beberapa contoh real yang segera akan kami sharing untuk memperjelas konsep display yang kami maksud.

Pada prinsipnya kami menginginkan supaya setiap bonsai ditampilkan secara konseptual yang unik, tematik, tetapi kami juga harus memahami bahwa tidak semua peserta memiliki ide display seperti konsep yang kami inginkan. Untuk itu, kami telah mengantisipasinya dengan persiapan dan persyaratan alternatif yg praktis sbb.:

Setiap calon peserta, terlebih dahulu harus mengirimkan foto bonsai yg ingin diikut-sertakan, sesuai dengan konsep atau tema display yang ingin ditampilkan. Bila peserta belum memiliki ide konsep display yg spesifik, maka peserta cukup mengirim foto bonsai tersebut dengan beberapa persyaratan dasar.

Selain kualitas bonsai yang bagus, wadah tanam yang serasi adalah syarat yang mutlak. Kemudian foto bonsai tersebut harus ditampilkan dengan meja atau tatakan dasar yang akan dipergunakan dan juga disertai dengan elemen aksentuasi seperti rumput-rumputan (kusamono/accent-plant), suiseki, ornamen figurin atau patung, kaligrafi dll.

Foto-foto bonsai calon peserta tersebut akan diseleksi oleh team kurasi. Bagi bonsai yang terpilih dengan ide display spesifik, maka pemiliknya harus melakukannya sendiri dan bila bonsai yang terpilih belum memiliki ide display yang spesifik, panitia yang akan mendisplay bonsai tersebut dengan sarana display yang akan dipersiapkan, sesuai dengan karakter dan kondisi bonsai tersebut.

koleksi IBA&CB 2014

koleksi IBA&CB 2014

Khusus untuk acara bonsainya, apa beda IBA&CB2014 dengan pameran bonsai yang selama ini telah diselenggarakan? Pakai kategori/criteria sama, atau ada terobosan baru semisal berdasar native species lokal/Indonesia?

Sangat berbeda! Banyak yang sudah bosan dengan kebiasaan pameran bonsai yang selama ini dilakukan di mana-mana, semuanya sama, baik protokolernya maupun cara display, tidak ada yang unik dan kreatif. Prinsip dasar kami adalah bahwa apa yg biasanya dilakukan di pameran bonsai, akan kami lakukan dengan cara lain, mulai dari display, kemasan protokoler mulai dari penjemputan tamu sampai cara pelaksanaan acara kegiatan. Pokoknya serta unik dan fun !

Karena tidak ada kontes, maka tidak ada batasan species (jenis pohon), gaya dan lain-lain. Semua aliran kami tampung, asal lolos seleksi oleh tim kurasi. Perlu kami tekankan bahwa yang kami maksudkan dengan bonsai unik bukanlah bonsai yang aneh-aneh, tetapi tetap bonsai yg bagus menurut pemahaman kita selama ini dalam batasan koridor estetika yang berbeda atau unik adalah konsep presentasinya.

Dengar-dengar, panitia menyediakan dana sekitar Rp 2,5 milyar untuk mensukseskan IBA&CB 2014 ini, apa benar?

Hehe…. Yg jelas akan memakan dana yang sangat besar. Selain dari sponsor, dana berasal dari urunan anggota panitia karena semuanya terpanggil dengan visi yang sama: untuk Indonesia!

Dengar-dengar PPBI juga akan mengadakan pameran di Bandung persis sebelum IBA&CB 2014, apa pendapat Anda? Apa tidak khawatir akan mengurangi peserta bonsai ?

Itus bagus sekali! Semakin banyak pameran pada saat yang bersamaan semakin bagus, akan semakin meriah, gema IBA&CB 2014 akan semakin kuat khususnya di luar negeri, sehingga minat tamu luar negeri akan semakin besar untuk datang. Kalau daerah lain ada yang akan mengadakan pameran, sebaiknya diumumkan jauh-jauh hari sehingga kami juga dapat umumkan di website IBA&CB 2014 dan menawarkan paket tambahan untuk mengunjungi pameran itu, sebelum acara puncaknya nanti di Yogya.

Kalau Bandung mengadakan, kami dapat sekalian membuat branding paket pariwisata bagi tamu asing ke Tangkuban Perahu, mengunjungi sanggar angklung Sam Ujo, karena konsep IBA&CB 2014 memang untuk mempromosi seni, budaya dan pariwisata Indonesia melalui bonsai. Oleh sebab itu, kami mendorong daerah lain juga mengadakan pameran pada saat yg bersamaan karena pasti akan membuat IBA&CB 2014 semakin meriah dan semakin mengharumkan nama Indonesia.

Kami sama sekali tidak khawatir akan kurangnya minat peserta, malah justru akan meningkatkan animo peserta karena selain tamu yang akan datang ke Yogya semakin banyak. Konsep IBC&CB 2014 juga sama sekali berbeda dalam semua aspek kemasan. Peserta yang terpilih untuk tampil di IBA&CB 2014 akan memiliki kebanggaan tersendiri karena dapat tampil sebagai bonsai terpilih di etalase tingkat internasional yg bergengsi, apalagi semua bonsai peserta akan diterbitkan dalam katalog mewah yg akan disebarkan ke seluruh dunia.

IBA&CB 2014 tidak mementingkan jumlah, tetapi mutu! Apa artinya kami tampilkan 500 bonsai dengan penampilan seadanya dan hanya 100 yg bagus? Lebih baik kami tampilkan 200 bonsai dengan kualitas terseleksi dan ditampilkan secara ekslusif, dengan penampilan setiap bonsai secara berbeda, unik dan menarik. Jadi, kami sama sekali tidak khawatir akan kurangnya peserta, lagi pula panitia sudah menyiapkan Plan-B, C, D … untuk antisipasi semua skenario kemungkinan dan kami sangat yakin akan dukungan seluruh komunitas bonsai tanah air karena ini menyangkut nama harum Indonesia!

koleksi IBA&CB 2014

koleksi IBA&CB 2014

Terakhir, sesungguhnya event ini diselenggarakan dalam rangka apa?

Sebenarnya event seperti ini sudah saya impikan sangat lama, dan berkat antusiasme rekan-rekan dari AKSISAIN serta dukungan teman-teman lain, maka acara ini bisa kami laksanakan begitu cepat. Ide ini muncul karena saya banyak menghadiri pameran bonsai di seluruh dunia, dan hampir semua pameran sama dan membosankan; tidak ada konsep yg baru. Selain itu, saya juga menemukan bahwa sebenarnya banyak sekali seniman bonsai yg sangat kreatif dengan ide-ide yg liar, tetapi tidak terakomodasi oleh pameran yg selama ini ada.

Kemudian dalam proses perencanaan, muncullah ide untuk sekaligus memperingati 5 tahun wafatnya Bapak H. Ismail Saleh SH, Bapak Penggerak Bonsai Indonesia pada tgl 21 Oktober; dan kebetulan pula HUT Yogyakarta ke-258 jatuh pada bulan Oktober. Lalu timbullah pemikiran untuk sekaligus jadikan IBA&CB 2014 sebagai acara kolosal yg menggabungkan seni, budaya dan pariwisata.

Kami juga akan memberikan penghargaan kepada tokoh bonsai Indonesia dan dunia, kami ingin jadikan IBA&CB sebagai event bonsai internasional seperti ASPAC atau WBFF Convention yg tidak hanya akan diadakan di Indonesia, tetapi bisa di negara mana saja yg ingin menjadi tuan rumah, tetapi tentunya harus tetap sesuai dengan konsep dasar IBA&CB yg unik dan berbeda dengan yg lain. IBA&CB adalah milik kita semua dan kami ingin jadikan IBA&CB sebagai kebanggaan semua insan bonsai Indonesia.

::: IWAN GAJAH []

THE NEW RISING STAR FROM INDONESIA
BONSAI BANDUNG BERSEMI 2013

6 Comments

  1. Robert Steven says:

    Forum inspirasi, diskusi dan konsultasi sudah ada di FHI : http://www.forumhobbyindonesia.com/index.php

    Baru-baru ini FHI di-hack sehingga ada sebagian anggota yg kesulitan login, dan ada yg kesulitan register baru. Bila saat anda login atau register muncul notice yg mengetakan anda ter-blacklist, coba scan computer anda dengan anti virus, restart dan coba lagi.
    Bila masih ada kesulitan, silahkan info via email ke admin :

    Salam FHI !

  2. wayan suryawan says:

    siap siap atur jadwal jauh jauh hari…..
    menghayal menghadiri IBA&CB sambil dengerin Kla Project…

  3. Robert Steven says:

    Demi mencegah “tamu hitam”, semua registrasi baru akan menerima email dari admin yang perlu anda klik untuk aktivasi sebelum bisa login. Oleh sebab itu, saat registrasi harus selalu mempergunakan alamat email yg valid.

    Kalau tidak ada terima email di inbox anda, coba cek di apakah email tsb masuk ke junk-mail anda…kadang terjadi…

  4. Betawi Asli says:

    siap bergabung
    mudah2an lolos verifikasi pak kurator

  5. Triyono says:

    semoga sukses! Bravo AKSISAIN! Bravo bang Robert!

  6. Heri Bonsai says:

    Semoga terealisir seperti yang telah direcanakan. Tidak ada alasan untuk tidak ikut mensyukuri kegiatan positif bagi perbonsaian di tanah air ini.
    HB

Leave a Reply

Copyright © 2013 bursabonsai.com · All rights reserved