DUKUN SPESIALIS BONSAI STRESS

PUPUK_1

ANDI SUWARDI ::: Sebagai seniman bonsai, boleh dibilang dia pemula. Tetapi inilah sang inventor ‘Iler’ dan ‘Jamu’ Mbah Dukun, pupuk dan obat hama bagi bonsai yang sedang stress berat.

Sudah lima tahun Andi Suwardi (Andi Bonsai) terjun dalam gaduhnya ‘rimba persilatan’ bonsai Indonesia. Tetapi –jangan kaget– baru sekali dia berhasil merampas bendera hijau dari sebuah kontes tingkat regional. Kalau parameternya seberapa banyak award winning yang pernah dia rebut, sebagai kandidat seniman bonsai, sejauh ini dia jelas gagal. Dari puluhan bonsainya, hanya satu yang siap kontes. “Kita ini (dia dan penulis maksudnya) kan aslinya sama-sama pemulung dan jagal bonsai … hahahahaha,” candanya pada bursabonsai.com.

Asal tahu saja, bendera hijau itupun dia rebut lewat bonsai pemberian seorang master di Semarang. Semua bonsainya masih dalam tahap rekonstruksi, banyak diantaranya juga pemberian teman-temannya di grup ‘Bonsai Koplak’ facebook. Andi adalah pendiri grup bonsai ini.

Andi Suwardi sedang meramu 'Iler Mbah Dukun'-nya

Andi Suwardi sedang meramu ‘Iler Mbah Dukun’-nya

Andi kemudian berkisah, sesungguhnya dia lumayan berbakat jadi seniman bonsai. Hanya saja, basic sarjana pertanian bidang agronomi (budidaya pertanian) justru lebih dominan ikut campur dalam hobi bonsainya. Koleksi bonsainya jadi bahan eksperimen dalam membuat pupuk. Namanya juga eksperimen, ada yang malah jadi stress karena over dosis, ada juga yang subur. Dengan demikian, jelas sudah ‘bendera’ dan awards winning menjadi bukan faktor utama dalam hobi bonsainya.

“Semua itu saya lakukan karena pingin mengetahui seberapa maksimal tanaman dapat menerima dosis pupuk. Banyak dari bonsai saya yang kena hama maupun penyakit sengaja saya biarkan sampai hampir mati, baru saya obati hanya untuk mengetahui seberapa kuat hasil obat oplosan saya itu dalam mengatasi baik hama maupun penyakit,” jelas Andi Suwardi.

Hasilnya ternyata mengejutkan. Berkat oplosan bahan-bahan kimiawi yang dia pelajari semasa kuliah, Andi kemudian menemukan formula oplosan pupuk dan obat hama yang tergolong ‘mujarab’. Penemuannya itu dia beri nama ‘Iler Mbah Dukun’ (air liur mbah dukun) untuk pupuk, sementara untuk obat hama bonsai dia beri nama “Jamu Mbah Dukun”.

Pupuk dan obat hama produksi Andi ini sudah menyelamatkan banyak bonsai yang tengah dalam kondisi kritis, kalau tak ingin dibilang sekarat. Banyak yang sudah merasakan hasilnya‘, terhadap spesies apapun. Mulai Sancang sampai Santigi, mulai Black Olive sampai Brazilian Rain Tree.

‘’Kalau soal bonsai, saya ini pemula. Tetapi dalam soal menangani kesehatan bonsai, saya menjadi sangat tidak pemula,” kata Andi.

14 UNSUR HARA
Menurutnya, dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman terdapat dua fase: fase pertumbuhan generative dan fase pertumbuhan fegetatif. Untuk bisa memaksimalkan kedua fase pertumbuhan ini mutlak diperlukan penguasaan yang mendalam tentang ilmu agronomi, fisiologis tanaman serta pupuk dan pemupukan.

Pada dasarnya tanaman memerlukan 14 macam unsur hara yang mutlak diperlukan untuk menunjang kehidupannya. Ke 14 macam unsur hara tersebut adalah : Nitrogen (N), Pospor (P), Kalium (K), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Belerang (S), Besi (Fe), Borium (B), Mangan (Mn), Tembaga (Cn), Seng (Zn), Molybdenum (Mo ), Aluminium (Al), Silisium (Si).

Jika bisa memperkirakan seberapa besar kebutuhan yg maksimum tanaman bisa menerima unsur-unsur hara tersebut ditambah dengan beberapa zat-zat yg lain yg bersifat growth regulator serta penentuan interval jarak waktu pemberian serta saat pemberiannya ke tanaman, maka secara nyata laju pertumbuhan dan perkembangan bisa dipercepat.

Nah berdasarkan hal seperti tersebut diatas itulah Andi Suwardi atau yg akrab dipanggil dengan nama Andi Bonsai berhasil menemukan rumusan komposisi tersendiri yg benar-benar bisa mendongkrak laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman. “Soal nama Iler Mbah Dukun dan Jamu Mbah Dukun, cuma supaya terkesan nyentrik saja hahahahaha. Biar beda dan gampang di ingat,” tegas Andi

Di bawah ini testimoni para penggemar bonsai yang telah mencoba ‘keampuhan’ pupuk dan obat hama bonsai produk Andi Suwardi:

Sulis Ninja

Sulis Ninja

SULIS NINJA (Surabaya)
Saya sudah memakainya dan saya sempat kaget. Dalam waktu dua sampai tiga minggu sesudah diberi pupuk ‘Iler Mbah Dukun’ oplosan Andi itu, wah …. pertumbuhannya beda banget dibanding kalau diberi pupuk produk pabrikan.

Rudi Julianto

Rudi Julianto

RUDI JULIANTO (Semarang)
Saya sudah mencobanya, baik pupuk dan obatnya. Saya coba untuk spesies Santigi (pempis acidula) saya yang sedang stress berat. Kesimpulan saya, ini pupuk kimia yang sangat bagus untuk pertumbuhan bahan Bonsai. Mantap wes …. salut!!

Koe Tjie Lek

Koe Tjie Lek

KOE TJIE LEK (Ende/NTT)
Hebat kang Andi. Pupuk oplosannya memang bagus sekali. Saya sudah mencobanya untuk bonsai spesies Asam Jawa, Lohansung, Anting Putri, dan Kimeng yang sedang saya ground (tanam di tanah). Dalam dua minggu sudah kelihatan hasilnya. Bagusnya juga, pupuk kang Andi ini gak bau.

Tedi BHC

Tedi BHC

BONSAI HEGAR CIPARIUK (BHC/ Bandung)
Saya mencoba untuk dua produknya, sekaligus. Yang jelas ‘iler’ dan ‘jamu’ mbah dukun Andi Bonsai mampu membuat lieur (pusing) hama bonsai saya. Sudah terbukti membuat ngiler bonsai-bonsai saya untuk terus tumbuh subur! Thanks you kang.

Rondy Bonsai

Rondy Bonsai

RONDY BONSAI (Jember)
Ilernya (pupuknya) cak Andi bagus. Saya sudah membuktikannya. Saya gunakan oplosan cak Andi Pekalongan untuk memupuk semua pohon dan hasilnya bagus juga. Tetapi saya belum pernah terus menerus menggunakan, saya selingi dengan grow more.

Sitoy Suwarto

Sitoy Suwarto

SITOY SUWARTO (Pontianak)
Jujur …. pupuk oplosannya bbah Dukun Andi Suwardi cepat kelihatan hasilnya. Dalam dua kali penyemprotan langsung terlihat hasilnya dan ini beda dengan beberapa pupuk cair yang pernah saya coba. Tapi untuk Anput (Wrigita Religiosa) tidak secepat pada spesies lainnya.

Hammam Haris

Hammam Haris

HAMMAM HARIS (Yogyakarta)
Saya sudah mencoba sejak lama, ketika belum banyak orang tahu. Oplosan itu bahkan belum diberi nama. Saya ini termasuk orang pertama yang memakai pukuk dan obat hama oplosan Andi Bonsai. Hasilnya bagus, untuk semua jenis spesies bonsai yang saya punya. Mantap lah.

 

iwan [iwan@bursabonsai.com]

GEDE MERTA & HIS RESTORATION TECHNIQUES

14 Comments

  1. Betawi Asli says:

    Bisa tahu kontak personnya mbah dukun Andi Bonsai kaga ya?

  2. Bonsai Hegar Cipariuk says:

    akhirnya dunia mengakuinya mas… memang sepantasnya dukun mendunia dengan karyanya hahahahhah….

  3. Koe Tje Liek says:

    Mantap….maju terus mbah dukun Andi…

  4. sawari garden says:

    mantap mas Andi, saya sdh pernah coba iler mbah dukunnya mas hasil pertumbuhan okay banget,, sukses selalu

  5. Derick says:

    Waaaahh,,, penasaran nih gmana membuatnya ya??? Hahaha maubeli gak punya uang nih,,, huuufffttttt

  6. Trang Fusien says:

    This article is genuinely a good one it assists
    new web visitors, who are wishing for blogging.

  7. hammam haris says:

    lanjutkan kang Andi….persidaanku dah menipis
    tolong persiapkan pengiriman berikutnya

  8. Andi Bonsai says:

    Oke kang Hammam………udah siap nih

Leave a Reply

Copyright © 2013 bursabonsai.com · All rights reserved